Friday, 22 May 2015

Yohanes 10:10 Pemelintiran Kata "Hidup Berkelimpahan" di Dalam Ayat Ini



(Yohanes 10:10 [LAI TB] Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.)
Ὁ κλέπτης οὐκ ἔρχεται εἰ μὴ ἵνα κλέψῃ καὶ θύσῃ καὶ ἀπολέσῃ· ἐγὼ ἦλθον ἵνα ζωὴν ἔχωσιν, καὶ περισσὸν ἔχωσιν.
Transliteration: Ho kleptes ouk erkhetai ei me hina kepse kai thyse kai apolese; ego elthon gyna zoen ekhosin, kai perisson ekhosin

Well, sudah seberapa sering kita mendengar tafsiran mengenai ayat di atas bahwa kata “hidup berkelimpahan” yang dimaksud adalah “hidup berkelimpahan secara materi?" Sudah terlalu sering kita mendengar bahwa ayat di atas seringkali dipakai sebagai landasan bahwa kita akan hidup kaya materi berlimpah-limpah karena TUHAN YESUS telah mati bagi kita. Benarkah penafsiran demikian?

Dalam bahasa Yunani, ada dua jenis kata yang artinya adalah “hidup”, yaitu “Zoe ζωήdan juga “Bios βίος". Kata “Zoe ζωήmengacu kepada “kehidupan rohani”, sedangkan kata “Bios βίοςmengacu kepada “kehidupan jasmani".

Nah, kata Yunani yang dipakai dalam ayat di atas adalah kata “Zoe ζωή *Hidup Rohani*” bukan kata “Bios βίος*Hidup Jasmani*". Jadi, ayat di atas sama sekali tidak berkata bahwa kita akan berkelimpahan secara materi, uang, harta, kemewahan, dll. TUHAN YESUS sama sekali tidak pernah mengatakan demikian. Yang TUHAN YESUS katakan adalah bahwa kita semua akan memiliki “hidup rohani yang berkelimpahan".

Apa yang dimaksud dengan “hidup rohani*“Zoe ζωή*” yang dimaksudkan TUHAN YESUS tersebut? Sebelum kita mengenal TUHAN YESUS, maka kita semua dalam kondisi mati rohani, yaitu kondisi dimana kita ditaklukkan dibawah dosa dan kita terus menerus hidup di dalam dosa (jatuh terus ke dalam dosa) karena kita mentaati Satan/ Iblis, penguasa kerajaan angkasa.

(Efesus 2:1 [LAI TB] Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.
2:2 Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.
2:3 Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat. Pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.)

Jadi, pada saat kita belum mengenal TUHAN YESUS, maka kita semua “mati rohani” dimana kita semua selalu hidup di dalam dosa-dosa kita seperti berzinah, mabuk-mabukan, merokok, narkoba, ganja, suka berkelahi, masturbasi, film-film porno, dan berbagai macam kecemaran-kecemaran lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kondisi “mati rohani".

Nah, untuk itulah TUHAN YESUS datang dimana DIA “menghidupkan” kita sehingga kita semua dihidupkan kembali secara rohani yang ditandai dengan tidak lagi hidup di dalam dosa-dosa kita.

(Efesus 2:4 [LAI TB] Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita,
2:5 telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita oleh kasih karunia kamu diselamatkan)

Jadi, TUHAN YESUS datang untuk “menghidupkan” kita secara rohani agar kita tidak lagi hidup di dalam dosa-dosa kita dan menjadi budak dosa. Jadi kata “Hidup secara berkelimpahan” yang dimaksudkan adalah kehidupan rohani kita, bukan kehidupan jasmani/ materi kita.

Jangan sampai kita tertipu! Sudah terlalu banyak orang yang menafsirkan ayat ini tanpa memahami konteks ayatnya dengan benar sehingga ditafsirkan bahwa “hidup” yang dimaksudkan adalah “hidup berkelimpahan harta, kemewahan, dll.” Hal ini sangat tidak benar dan tidak sesuai dengan kebenaran Alkitab. TUHAN YESUS tidak pernah mengajarkan bahwa kita akan hidup berkelimpahan secara materi, tetapi yang TUHAN YESUS maksudkan adalah bahwa kita akan hidup berkelimpahan rohani, yaitu tidak lagi hidup di dalam dosa-dosa kita.

Well, karena itu, kita harus memahami kebenaran Alkitab secara utuh agar kita tidak salah dalam memahami firman TUHAN. Sudah terlalu banyak yang memutarbalikkan ayat di atas. TUHAN YESUS tidak pernah mengajarkan bahwa kita akan menjadi kaya di dunia ini.

Salam Kasih. TUHAN YESUS memberkati


2 comments:

  1. Betul sekali pak pdt, memang hidup berkelimpahan dalam rohani yg dimaksud dlm ayat tersebut. Nah setelah umat hidup berkelimpahan dlm rohani, maka berkat-berkat lain akan datang menyertai berkat rohani tersebut. Sebab umat yg hidup berkelimpahan dlm hal rohani, mereka itulah yg telah mencari kerajaan sorga dg segala kebenarannya Mat 6:33). Umat yg telah berkelimpahan dlm hal rohani, pasti tdk akan ernah kekurangan. Tetapi janganlan umat mencari kelimpahan dlm hal rohani hanya untuk mendapatkan berkat-berkat jasmani, krn kalau hal itu terjadi, maka tdk mungkin umat hidup dlm kelimpahan rohani.
    Mohon tanggapan, Terima Kasih
    Salam

    ReplyDelete
  2. Setuju, pengertian hidup yg berkelimpahan adlh berbicara mengenai "kualitas hidup" bukan materi. Kualitas hidup artinya hidup yg berbuah-buah bagi kemuliaan Allah. Tentunya ini hanya bisa dilakukan oleh orang yg sdh ditebus dosa2nya, diubahkan shg memiliki karakter spt kristus. Melalui kedatangan Kristus ke dunia dimungkinkan orang yg menerimaNya akan memiliki hidup berkualitas, karena sdh ada fasilitas penebusan, kabar baik Injil, pimpinan Roh Kudus, dan contoh bagaimana yesus hidup di bumi ini yg meninggal jejak dan teladan bagaimana kita hrs hidup. Intinya hidup berkualitas adlh hidup yg memancarkan kasih Kristus dlm kehidupan sehari-hari hari melalui sikap, perilaku dan tindakan yang baik, shg membuat orang lain nyaman dgn kita dan memuliakan Bapa di surga. Hidup berkualitas adlh hasil dari hidup yg sdh diubahkan di dlm kritus, shg orang akan melihat perbuatan yg baik dan memuliakan Bapa kita di surga.

    ReplyDelete

Post Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...