Sunday, 19 April 2015

Yesaya 59:1-2 Penyebab TUHAN Tidak Mau Mendengar dan Menjawab Doa-doa Kita




(Yesaya 59:1 [LAI TB]   Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;
59:2   tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.) 
הֵ֛ן לֹֽא־קָצְרָ֥ה יַד־יְהוָ֖ה מֵֽהוֹשִׁ֑יעַ וְלֹא־כָבְדָ֥ה אָזְנ֖וֹ מִשְּׁמֽוֹעַ׃ 
כִּ֤י אִם־עֲוֹנֹֽתֵיכֶם֙ הָי֣וּ מַבְדִּלִ֔ים בֵּינֵכֶ֕ם לְבֵ֖ין אֱלֹֽהֵיכֶ֑ם וְחַטֹּֽאותֵיכֶ֗ם הִסְתִּ֧ירוּ פָנִ֛ים מִכֶּ֖ם מִשְּׁמֽוֹעַ׃
Transliteration: Hein lo qatzerah yad YHWH mehoshia welo-khavedah ozno mishmoa
ki im aonoteykhem hayu mevaddelim beykhem leveyn aloheykhem wekhataoteykhem histiru panim mikkem mismoa

Teks diatas jika kita terjemahkan secara harafiah dari teks Ibraninya, maka kita akan mendapatkan terjemahan seperti ini:

(Yesaya 59:1 [Terjemahan Bebas) Sesungguhnya, tangan YHWH (TUHAN) tidak menjadi pendek untuk menyelamatkan dan telinga-Nya tidak menjadi berat untuk mendengar.
59:2 Melainkan pelanggaran kalian yang memisahkan antara kalian dan Allah kalian  dan dosa-dosa kalian telah memisahkan wajah  dari kalian untuk mendengar) 
הֵ֛ן לֹֽא־קָצְרָ֥ה יַד־יְהוָ֖ה מֵֽהוֹשִׁ֑יעַ וְלֹא־כָבְדָ֥ה אָזְנ֖וֹ מִשְּׁמֽוֹעַ׃
 כִּ֤י אִם־עֲוֹנֹֽתֵיכֶם֙ הָי֣וּ מַבְדִּלִ֔ים בֵּינֵכֶ֕ם לְבֵ֖ין אֱלֹֽהֵיכֶ֑ם וְחַטֹּֽאותֵיכֶ֗ם הִסְתִּ֧ירוּ פָנִ֛ים מִכֶּ֖ם מִשְּׁמֽוֹעַ׃
Transliteration: Hein lo qatzerah yad YHWH mehoshia welo-khavedah ozno mishmoa
ki im aonoteykhem hayu mevaddelim beykhem leveyn aloheykhem wekhataoteykhem histiru panim mikkem mismoa

Well, TUHAN kita tidak pernah berubah. Dari dulu sampai sekarang DIA tidak pernah berubah. Amat miris sekali dan sangat disayangkan, bahwa saat ini di gereja, sangat jarang sekali diajarkan kebenaran Firman Tuhan yang utuh dan tidak setengah-setengah. Dewasa ini hanya dikabarkan sesuatu yang enak-enak saja didengar seperti misalnya TUHAN itu baik, pengasih, penyayang, dll. Namun jarang sekali dikabarkan bahwa sesungguhnya TUHAN kita juga api yang menghanguskan yang sama sekali tidak bisa mentolerir dosa sama sekali.

Nah, kenapa banyak diantara kita yang doa-doanya sama sekali tidak di dengar oleh TUHAN? Bahkan terkesan TUHAN cuek dan seperti mengacungkan tangan-Nya kepada kita? Kita selalu dipukul terus-terusan dan apapun yang kita kerjakan selalu gagal dan habis dan akhirnya lenyap. Mengapa bisa demikian? Mengapa TUHAN tidak mendengarkan doa kita? Jawabannya sederhana sekali, berdasarkan ayat diatas, sudah sangat jelas apa penyebabnya, yaitu dosa dan pelanggaran kita yang membuat TUHAN tidak mau menjawab doa-doa kita.

Perlu kita tahu bahwa kita ini adalah "umat perjanjian". Dalam Perjanjian, artinya harus ada kesepakatan kedua belah pihak. Jika salah satu pihak melanggar, maka perjanjian itu menjadi batal dan tidak berlaku. TUHAN sudah mengangkat kita menjadi umat Perjanjian, artinya ada Perjanjian yang TUHAN ikat dengan kita. DIA mengatakan dengan sangat jelas bahwa jika kita taat, maka kita sendiri akan diberkati, tetapi jika kita nakal atau badung dan suka membantah, maka jangan heran kutuk akan datang

(Ulangan 28:1 [LAI TB]   "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
28:2   Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:)

(Ulangan 28:15 [LAI TB]   "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:
28:16   Terkutuklah engkau di kota dan terkutuklah engkau di ladang.)

Tepat, ini adalah Perjanjian kita dengan TUHAN. Jadi, ketika melanggar perintah-perintah TUHAN, maka dengan sendirinya TUHAN mengatakan bahwa "kutuk" itu akan datang. Jadi, kita harus memahami TUHAN secara utuh dan jangan setengah-setengah. 

Jadi, jangan heran kalau doa-doa kita tidak mau dijawab oleh TUHAN kalau kita terus menerus melanggar atau hidup dalam dosa seperti mencuri, berzinah, masturbasi, rokok, mabuk-mabukan, video porno, cabul, suka memaki, suka berkata-kata kotor, suka berkelahi, pemarah, iri hati, suka memukuli istri, suka memukul anak, pemfitnah, koruptor, curang, dll. Dosa-dosa seperti inilah yang terus menerus kita lakukan yang membuat TUHAN tidak mau mendengar dan tidak mau menjawab doa-doa kita. Ingat bahwa kita ini adalah umat Perjanjian. Tidak pernah sekalipun dikatakan oleh TUHAN bahwa TUHAN tidak akan menghajar orang-orang yang menyimpang. Israel saja dihajar oleh TUHAN ketika mereka menyimpang, apalagi kita?

Well, jadi jika kita ingin agar doa kita tidak terhalang, segera tinggalkan perbuatan-perbuatan kita yang tidak berkenan dan bertobat. Namun, jika kita tidak mau dan terus menerus mengeraskan hati kita, well, silahkan ditest dan diuji apakah perkataan TUHAN diatas ini soal kutuk akan terjadi atau tidak. Buktikan sendiri.

Salam Kasih. TUHAN YESUS memberkati

No comments:

Post a Comment

Post Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...